Selasa, 10 April 2012

Software, Teknology dan Bahasa Komunikasi Agent

Software (Perangkat Lunak)
Pengertian software secara bahasa singkatnya merupakan perangkat lunak. Berbeda dengan perangkat keras atau hardware software tidak dapat di sentuh ataupun di lihat fisiknya hanya bisa kita operasikan software saja.
Secara istilah software adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.
Jenis software di golongkan jadi beberapa macam menurut pendistribusiannya, ada software berbayar, software gratis, shareware, dan malware.
Ini merupakan beberapa contoh perangkat lunak atau software :
  • Perangkat lunak aplikasi (application software) seperti pengolah kata, lembar tabel hitung, pemutar media, dan paket aplikasi perkantoran seperti OpenOffice.org.
  • Sistem operasi (operating system) misalnya Ubuntu.
  • Perkakas pengembangan perangkat lunak (software development tool) seperti Kompilator untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan.
  • Pengendali perangkat keras (device driver) yaitu penghubung antara perangkat perangkat keras pembantu dan komputer adalah software yang banyak dipakai di swalayan dan juga sekolah, yaitu penggunaan barcode scanner pada aplikasi database lainnya.
  • Perangkat lunak menetap (firmware) seperti yang dipasang dalam jam tangan digital dan pengendali jarak jauh.
  • Perangkat lunak bebas (free ‘libre’ software) dan Perangkat lunak sumber terbuka (open source software)
  • Perangkat lunak gratis (freeware)
  • Perangkat lunak uji coba (shareware / ‘trialware)
  • Perangkat lunak perusak (malware
 Technology
  Teknologi informasi biasa disebut TI,IT(Information Technology) infotech.
  berbagai definisi teknologi informasi telah diutarakan beberapa ahli,diantaranya :
  Haag den Keen (1996), Teknologi Informasi adalah seperangkat alat yang membantu  Anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
  Martin (1999), Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras atau lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpaninformasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.
Williams dan Swayer (2003), Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video.
Dari definisi diatas terlihat bahwa teknologi informasi baik secara implisit maupuneksplisit tidak sekedar berupa tekologi komputer, tetapi juga teknologi telekomunikasi.Dengan kata lai, yang disebut teknologi informasi adalah gabungan antara teknologikomputer dan telekomunikasi.

Komunikasi Agent 

Komunikasi antar agent terjadi ketika mereka akan menyampaikan pesan atau informasi tertentu. Dalam berkomunikasi, agent memiliki cara tersendiri yang simulasinya dapat kita lihat pada pemakaian netlogo. Komunikasi bisa di definisikan sebagai proses bertukar informasi antar agent. Agent memperlihatkan cara berkomunikasinya ketika akan menyampaikan informasi pada agent lainnya.

Bahasa di definisikan sebagai satu set simbol yang dikomunikasikan oleh agent untuk menyampaikan informasi. Dalam artificial intelligent bahasa manusia sering disebut bahasa alami sebagai pembeda dengan bahaa pemrograman komputer. Bahasa juga didefinisikan sebagai satu set aturan sosial bersama yang diterima dan dibatasi oleh aturan tata bahasa.

Keanekaragaman Bahasa Manusia

Beraneka ragam cara manusia untuk saling berinteraksi dengan sesamanya, maka tak ayal bahasa adalah salah satu media yang tepat sebagai penyampai maksud satu dengan lainnya. Bahasa tiap daerah di dunia ini berbeda, hal ini terkait dengan letak geografis yang berbeda antara satu dengan yang lain.

Ragam bahasa adalah varian dari sebuah bahasa menurut pemakaian. Berbeda dengan dialek yaitu varian dari sebuah bahasa menurut pemakai. Variasi tersebut bisa berbentuk dialek, aksen, laras, gaya, atau berbagai variasi sosiolinguistik lain, termasuk variasi bahasa baku itu sendiri.


Komunikasi Antar Agent

Komunitas jaringan sosial pada agent merupakan aspek penting dalam berbahasa. Jejaring sosial dapat diartikan sebagai struktur sosial  yang menghubungkan agent yang satu dengan agent yang bersifat sama. Jadi pada intinya, jika sebuah agent akan berkomunikasi, maka ia secara otomatis membentuk kelompok-kelompok tertentu yang memiliki kesamaansifat, baru kemudian agent itu akan saling berkomunikasi. Jejaring sosial ini dapat kita gambarkan seperti sebuah pohon.

SUMBER :
  1. http://www.scribd.com/doc/24946950/Pengertian-Teknologi-Informasi
  2. http://flutokek.blogspot.com/2012_04_01_archive.html
  3. http://harajes.com/1612

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar