Selasa, 17 November 2009

Memodikfikasi Objek

Modify merupakan suatu fasilitas atau yang ada didalam suatu aplikasi itu.disini saya bercerita tentang bagaimna cara memodifikasi dalam 3D studio Max.Modifikasi itu sendiri berfungsi untuk melakukan suatu Objek yang telah kita buat,tetapi yang masih perlu disempurnakan.
Jenis-jenis Modifier
  • Bend 
Berfungsi untuk membengkokan Objek 3D.
  • Taper
Taper merupakan operasi untuk meruncingkan Objek 3D.
  • Twist
Twist adalah operasi untuk memutir Objek 3D.

  • Noise
Noise digunakan utuk membuat "kacau" atau "amorf" suatu objek 3D.
  • Edit mesh
modifier untuk memodifikasi(delete,move,rotate,scale)bagian-bagian/unit-unit pembentuk pada suatu Objek 3D.
  • Path deform
Path deform adalah suatu operasi untuk memodifikasi Objek 3D sesuai dengan bentuk jalur path yang dipilih.path deform memerlukan objek yang akan dimodifikasi,juga spline(garis)yang akan dijadikan path.
  • Wave
Wave adalah modifier untuk membuat suatu objek bergelombang secara lurus(longitudinal).
  • Ripple
Ripple adalah modifier untuk membuat suatu Objek bergelombang secara melingkar(transversal).
  • Modifier Stack
Panel modifier stack adalah panel untuk mengatur modifier yang akan dijalankan.modifier stack ini digunakan bila ada satu objek mengalami lebih dari satu modifier,agar kita dapat mengembalikan keawal.
  • Sub-Object
Sub-Object adalh "objek bayangan" yang muncul pada saat proses modify dengan modifier.dan juga bisa mempengaruhi perubahan bentuk Objek asli.
perubahan sub-object hanya bisa dilakukan dengan 3 cara yaitu move,rotate,dan juga scale.

contoh dari salah satu diatas,saya melakukan perubahan Ripple dari sebuah BOX agar box itu berubah menjadi Object yang begelombang melingkar(transversal).
Tahap-tahpnya :
  • kita membuat objectnya terlebih dahulu,dengan memakai sebuah BOX,
  • kemudian kita atur semua segmennya menjadi 32,32,6 dengan box berukuran 60x60x5,
  • setelah itu pilih modify,dan pilih Ripple dan kemudian kita mengatur amplitudo 1=2,amplitudo 2=2,wave length=10,phase dan decay=0.
  • maka jadi seperti pada gambar dibawah ini.


perubahan dari sebuah kotak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar